Adsense Indonesia
English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Ada Hujan Meteor The Quadrantid

Selamat Tahun baru bagi yang merayakan. hehehe. (sepertinya semua merayakan deh). Sepertinya saya telat mengucapkannya, tapi tak apalah yang penting tahun baru. Kemarin yang malam tahun baru berpesta kembang api dengan keluarga, sahabat, teman sekolah, teman kuliah, dengan guru atau pun atasan kantor, atau yang tak terlewatkan dengan kekasih (bagi yang punya, kalau jomblo ya kasihan deh lu - peace). :) Untuk awal tahun 2013 ini, selain kita dapat melihat dan merayakan tahun baru dengan kembang api, kita juga dapat merayakan tahun baru dengan adanya hujan meteor.
Memang, meski adanya hujan meteor tidak harus pada malam tahun baru kemarin, tapi ya paling tidak di awal tahun ini bisa ada gitu. Barusan saya dapat informasi tentang adanya hujan meteor yang akan dapat dilihat di seluruh wilayah di Indonesia. Kalau tidak salah namanya hujan meteor The Quadrantid. Saya juga tidak tahu siapa yang memberi nama itu.

Jatuhnya meteor ini diperkirakan terjadi menjelang Kamis pagi nanti, 03 Januari 2013, atau bisa dikatakan menjelang subuh. Untuk tahun ini diperkirakan lagi tidak seterang hujan meteor pada waktu sebelumnya. Ada sekitar 40 meteor per-jam yang berjatuhan ke bumi.

"Meski cahaya bulan akan membuat meteor tampak pucat sehingga susah dilihat," demikian pernyataan petugas teleskop antariksa Hubble dalam video panduan pengamatan angkasa yang dikutip LiveScience.

Meteor akan sulit dilihat karena cahaya bulan akan bersinar terang pada puncak hujan meteor nanti pagi. Para ilmuwan menduga meteor Quadrantid merupakan pecahan dari asteroid 2003 EH1, sumber yang sama dengan hujan meteor Geminid setiap Desember.
Hujan meteor Quadrantid terjadi saat Bumi melintasi arus reruntuhan komet. Pecahan-pecahan itu terhempas ke atmosfer dengan kecepatan 144.841 kilometer per-jam, dan terbakar pada ketinggian 80,5 kilometer di atas planet, menghasilkan pemandangan menakjubkan.

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan menyiarkan hujan meteor tersebut dalam jaringan pada 2-4 Januari 2013. Marshall Space Flight Center NASA di Huntsville, Alaska mengoperasikan kamera mengarah ke langit untuk menangkap gambaran peristiwa astronomis itu.


Hujan meteor tersebut bisa terlihat dengan jelas asalkan memenuhi tiga persyaratan yakni cuaca cerah, jauh dari polusi cahaya, dan tidak ada pohon ataupun gedung yang menghalangi. Teman - teman bisa melihat hujan meteor tersebut pada arah timur laut yakni rasi bintang Bootes. Disarankan untuk melihat dengan mata telanjang karena memerlukan medan pandang yang luas. Hujan meteor Quadranteds rutin terjadi setiap tahun.

Bagi teman - teman yang ingin melihat secara langsung dan tak ingin ketinggalan momen bahagia ini (kayak pernikahan aja) silahkan nanti pagi menjelang subuh melihat ke atas langit sambil membawa bekal makanan atau snack dan tempat duduk untuk menikmati hujan meteor nanti pagi. hehe.

Selamat menikmati. Semoga tahun baru teman - teman bisa lebih baik dari tahun - tahun sebelumnya. Amin. 

Referensi : Metro TV

Related Posts :

0 Comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes