Adsense Indonesia
English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Profil BoB ROots Reggae Kediri

Sebuah keindahan dalam kreatifitas, menuangkan seribu bahasa dalam syair lagu, menjadi motivasi kami untuk menjelaskan pada dunia, bahwa band adalah strategi kami untuk menciptakan kedamaian, cinta dengan musik dan dansa. Sejarah mencatat bahwa perjalanan panjang adalah pelajaran yang kami dapat. BoB ROots band reggae asal Kediri yang berperan sebagai pengagum musik perdamaian.

The History
Sejarah panjang tanpa ketersengajaan yang di awali dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang di adakan oleh STAIN Kediri, menemukan 4 laki-laki jalanan. Joe (guitar), Babik (drum), Bejo (guitar), Fandi (vocal) Persamaan pengalaman, hoby, lagu hingga aktifitas malam lainnya membuahkan sebuah nilai besar dalam bentuk kreatifitas. Saksi sejarah adalah Kampung Langon, Krajan Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar, menjadi sejarah terindah bagi 11 manusia yang menjalankan KKN. Mahasiswa KKN yang menamakan dirinya kelompok “MA’NUT” merupakan kelompok KKN ter-bahagia, tanpa goresan luka, melainkan penuh dengan canda tawa. 

Awalnya ketika kami mengadakan acara perlombaan untuk memeriahkan hari kemerdekaan 17 Agustus, maka dalam penutupan, ketua karang taruna kampung Langon meminta kami untuk menyumbangkan kreatifitas, dalam acara apresiasi anak kampung dan penutupan perlombaan. Kehadiran kami di sana bukan hanya panitia, kami juga penghibur. Pada dasarnya semua background anak band kampus dan anggota dari UKM Musik Amoeba STAIN Kediri. Namun kami kurang satu personil lagi. Sahabat kami Rahmat (bass) datang sekaligus penyelamat pada acara waktu itu. 

Pada awalnya nama band kami bernama Taneman Ijo. Nama Taneman Ijo sendiri diambil dari warna sebuah tanaman yang sering kali menjadi menu hidangan kami saat KKN. Sejak terbentuknya Taneman Ijo, berbagai tawaran event concert terus berjalan. Taneman ijo membuat audience respect terhadap kami, hingga beberapa event social, kami selalu ada untuk acara.waktu itu kami masih memakai lagu-lagu yang beredar di pasaran, tentunya masih berhubungan dengan reggae seperti Bebas Merdeka (Stevent & Coconut Trezz), Hitam Putih (Cozy Republik) dan Sayidan (Shaggy Dog). Padatnya jadwal  inilah yang menjadikan Tanaman Ijo terus berkembang.

Seiring berakhirnya program KKN, maka secara tidak langsung Taneman Ijo pun berkurang personil. Bejo yang harus pulang kerumah untuk meneruskan job-nya, dan Fandi yang harus meneruskan karirnya di bidang broadcast. Karena nama Taneman Ijo sudah mulai menyebar luas di wilayah Blitar, maka beberapa personilnya berusaha tetap eksis di band tersebut. Joe (vocal/guitar), Rahmat (bass) dan Babik (drum) yang ingin lebih serius dalam bermusik sekaligus ingin mengenalkan reggae kepada masyarakat luas. Pergantian personil seperti tradisi dalam sebuah band untuk terus exist teruskan perjuangan. Seperti halnya Bob RoOt’s yang butuh additional player, masuklah Perdhana (keyboard), Putra (guitar) and our brader Tugaz (percussion) yang sampai detik ini resmi menjadi anggota tetap kami.  Sabtu 24 oktober ’09, awal mula dimana BoB RoOt’s live concert di Kediri, acara L.A Light Community ‘back to dance floor’. Tanggal itu juga merupakan awal dimana nama Bob RoOts lahir, akan tetapi kelahiran band sebenarnya Jumat, 07-08-’09. 

Waktu tetaplah berputar, Dengan sugesti jiwa yang penuh semangat kami pun merapat mencoba untuk mengenalkan reggae music dikalangan lingkungan kami di Kediri. Hasilnya kami pun diterima dengan lapang dada oleh masyarakat dengan dukungan dari pecinta reggae music di Kediri. Acap kali manggung dibeberapa event mulai Jambore reggae #1 dan #2 hingga event lainya, akhirnya kami semakin akrab dengan masyarakat. 

Suatu saat ada salah satu personil ingin mengganti nama band, dengan nama ‘Ras Bebas’. Nama Ras Bebas sendiri diangkat karena adanya keinginan untuk memadukan reggae dengan aliran musik lainnya seperti ska, rocksteady, musik tradisional, pop, blues, jazz dan sebagainya. Kemudian semua anggota berkumpul untuk musyawarah akan pergantian nama yang sudah telanjur melambung. Dari beberapa pendapat sepihak untuk tetap tak ada perubahan akan nama hanya pencarian kharakteristik dalam alunan musik saja. 

Finally, keseluruhan anggota sepakat untuk tetap dengan nama BoB ROots yang dirasa lebih sesuai dengan jenis komposisi musiknya. Kata BoB diambil dari nama the legend of reggae music Robert Nesta “Bob” Marley, yang merupakan icon dari reggae music, musisi reggae yang lahir tanggal 6 Februari 1945 di Rhoden Hall. Sedangkan kata ROots berasal dari bahasa Inggris bermakna akar, yang identik dengan berselang-belit dengan rambut gimbal (dreadlock). Dimana pada era pergerakan kaum rastafarianisme di Jamaica, anggota kaum (dread) memilih tatanan rambut gimbal sebagai salah satu aspek perjuangan, spiritual, dan pembeda. Yang sering kali didengar dengan sebutan dreadlock rasta. Bukan berarti anggota BoB ROots berasal dari kaum rastafari, akan tetapi kami hanya berobjek pada jenis aliran music reggae yang menjadikan kami untuk berapresiasi. Bisa diambil kesimpulan nama BoB RoOts diambil dari sang legenda pencipta musik reggae Bob Marley yang memiliki jiwa pejuang tinggi untuk tetap menjadi semangat anti kekarasan, berjiwa damai dengan cinta dan solidaritas untuk kalangan minoritas tertindas. 

BoB ROots memiliki tujuan bermusik dengan memadukan beberapa aliran musik lainnya seperti ska, rocksteady, musik tradisional, pop, blues, jazz dan sebagainya sehingga akan tercipta sebuah aliran reggae baru yang lebih mempunyai ciri khas tersendiri. 2010 BoB ROots masih tegar hadapi rintangan, dengan bertambahnya personil dari brother Reza (guitar) dan brother Awan (vocal) yang bergabung, BoB Root pun siap melangkah kedepan. Eight brothers dengan tujuan sama, kami pun semakin optimis untuk lanjutkan perjuangan. Hingga saat ini BoB ROots sudah menelurkan mini album yang berisi beberapa lagu yaitu Dansa Kawan, Kediri My Lovely City, Happy Birthday Change my life, dan Maming (Malam Minggu), serta menjadikan lagu Change my Life dan Kediri my Lovely City sebagai hits single dalam mini album.

 FansPage BoB ROots Reggae Kediri langsung ke sini aja.

Related Posts :

0 Comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes