Adsense Indonesia
English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sosialisasi Rp 1.000 Jadi Rp 1 Segera Dilakukan Tahun Ini

Jakarta - Rencana Menteri Keuangan Agus Martowardojo untuk melakukan sosialisasi terkait kebijakan redenominasi atau penyederhanaan rupiah dari Rp 1.000 menjadi Rp 1 masih terkendala waktu. Agus Marto menginginkan sosialisasi ini dilakukan bersama-sama dengan Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution.
"Mau cari waktu bersama Gubernur Bank Indonesia untuk lakukan sosialisasi," ujar Agus Marto saat ditemui di kantornya, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Jumat (4/1/2013).

Agus Marto mengaku, masa sosialisasi redenominasi ini agak mundur karena menunggu jadwal kedua belah pihak. Seharusnya, sosialisasi tersebut dilakukan dengan pada Desember 2012 lalu.

"Sosialisasinya harusnya akhir tahun kemarin," tandasnya.

Sebelumnya, pemerintah berharap di Januari 2013 sosialisasi redenominasi atau penyederhanaan 3 nol dalam mata uang rupiah sudah bisa dilakukan.

"Kita harapkan di Januari dan Mei ada proses sosialisasi dan konsultasi publik yang dilakukan redenominasi mata uang. Sehingga kita betul-betul paham maksud tujuan redenominasi mata uang baik termasuk risiko-risikonya. Kita nggak tahu masyarakat mengira ini adalah sanering (pemotongan nilai mata uang), dan masyarakat Indonesia harus paham itu," cetus Agus.

RUU Redenominasi telah masuk dalam Prolegnas dan bakal dibahas DPR tahun ini. Jika disetujui, mulai 2014 bakal dimunculkan mata uang baru hasil redenominasi, sehingga ada 2 mata uang yang beredar di masyarakat. Setelah itu secara perlahan hingga 2017 redenominasi dilakukan dan mata uang rupiah lama akan hilang di masyarakat.

Ramdhania El Hida - detikfinance
(http://finance.detik.com/read/2013/01/04/121013/2133089/5/sosialisasi-rp-1000-jadi-rp-1-segera-dilakukan-tahun-ini)

Related Posts :

2 Comments:

Anonymous said...

bro, tapi lok kita nabung di bank, apa nilai mata uangnya juda akan tetap turun ? kok kata teman lok uang kita yang ditabung di bank nilai mata uangnya gak turun ? terus lok kayak gitu enak banget donk yang udah nabung banyak di bank ????
kasih jawabannya yang jelas ya bro biar aku paham...hehehe

Dhana said...

@Hilmawan Arga: klo redenominasi itu semuany ikut trun bro.. tp sbnrny bukn trun sih istilahny. tpi brubah. dri Rp1000 mnjdi Rp1..jd dpsaran hrga brang yg semula misalkn Rp5000, bsa kta bli dg uang Rp5..redenominasi hnya pnyederhanaan nominal (3 nol mata uang)..
klo buat tbungan, misal kita udh nabung Rp1.000.000..ya uang kita stelah redenominasi jdi Rp1.000 dlm pncatatannya...dan redenominasi itu brlaku keseluruhan..bukn hnya utk uang cash sja,,tpi jga buat uang yg d tbung ato di investasikan..

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes